Jumat, 29 September 2023

Memasukkan Metadata sebuah Artikel atau Jurnal ke dalam MySQL



Dalam sebuah artikel atau jurnal, didalamnya ada elemen-elemen penting yang dapat memebedakannya dengan yang lain. Hal ini disebut dengan DOI (Digital Object Identifier) yaitu sebuah seri yang berfungsi untuk membedakan satu produk digital dengan produk digital lainnya. Berikut contoh memasukkan metadata ke dalam sebuah database :

  1. Siapkan database untuk menampungnya, kemudian buat tabel yang ketentuannya kurang lebih sebagai berikut. Karena judul dijadikan primary key maka tipe datanya adalah Varchar dan  abstract memiliki isi data yang sangat panjang maka menggunkaan tipe data Long Text. 
  2. Masukkan isi dari metadata dari artikel tersebut
  3. Berikut hasil akhirnya

Pada tabel di atas terdapat 6 kolom yaitu judul, authors, abstract, keyword, afiliasi dan references. Keenam kolom tersebut saya ambil dikarenakan sesuai dengan pengertian DOI yaitu hal yang membedakan konten digital yang satu dengan konten digital lainnya. Sebagai contoh, sebuah artikel atau jurnal tidak mungkin memiliki judul yang sama dengan penulis yang sama pula dengan artikel atau yang lain. Begitu juga dengan keempat kolom lainnya, elemen-elemen tersebut juga menjadi kunci untuk meembedakan antara artikel atau jurnal yang satu dengan yang lainnya.





0 komentar:

Posting Komentar