Rabu, 25 Oktober 2023

Perintah VIEW pada SQL Workbench

MEMBUAT VIEW

Kita dapat menampilkan data tertentu yang sering kita gunakan dengan perintah view. Perintah VIEW ini sama saja seperti membuat tabel baru dengan beberapa data yang kita pilih baik dari 1 tabel ataupun 2 tabel. Berikut Perintah untuk memilih data dari dua tabel yang berbeda :



Berikut untuk membuat VIEW :


Untuk mengubah VIEW maka kita dapat menggunakan perintah CREATE OR UPDATE atau ALTER pada bagian depan syntaxnya. Perlu diperhatikan bahwa VIEW hanya dapat dibuat 1 kali saja, maka jika kalian menjalanan perintah CREATE VIEW untuk kedua kalinya maka akan terjadi error.


Kita juga dapat menggunkaan perintah AS pada VIEW seperti berikut :


Jika sebuah VIEWsudah tidak dierlukan lagi, maka dapat dihapus dengan perintah sebagai berikut :
Tambahkan perintah IF EXIST untuk menghindari error atau VIEW yang diminta tidak ditemukan.

MENGGANTI ISI FIELD YANG ADA DI VIEW

Selanjutnya adalah mengganti isi data dari VIEW. Syntax yang digunakan untuk mengganti isi datanya tidak berbeda dari perintah yang biasanya yaitu menggunakan UPDATE. Akan tetapi untuk mengganti data yang ada di VIEW diperlukan beberapa ketentuan, karena data dari VIEW merupakan data asli dari tabel yang dipilih. jika persyaratan tidak terpenuhi maka akan tampil pesan erorr seperti dibawah.


Untuk dapat mengganti isi data/ field tersebut salah satu persyaratannya adalah mengubah ALGORITHM sebuah view menjadi MERGE, maka akan dapat diubah pada VIEW dan akan berubah juga pada tabel aslinya.




Kita dapat menambahkan data ke dalam VIEW yang nantinya juga akan masuk ke tabel yang dipilih.


Kita juga dapat melakukan hapus data.

Akan tetapi data yang dihapus hanya data yang sebelumnya kita input tadi, untuk data yang lain tidak bisa. Karena di dalam masing-masing tabel terdapat primary key dan foreign key. Dan untuk setiap data yang ada di tabel sudah merupakan foreign key di tabel lain.

VIEW WITH CHECK OPTION

Pertama-tama buat kembali tabel view, dengan perintah CREATE OR REPLACE.


Kemudian kita akan mencoba memasukkan sebuah data


Akan tetapi data tersebut tidak masuk ke dalam VIEW. Seperti yang telah kita jalankan perintah sebelumnya bahwa VIEW yang kita buat menggunakankata kunci WHERE country = 'USA' yang artinya VIEW hanya mengambil data yang isi dari kolom countrynya adalah USA, sedangkan data yang kita masukkan sebelumnya adalah Rajeg. Oleh karena itu datanya tidak tampil. Akan tetapi data yang kita inputkan tadi tetap masuk ke dalam tabel aslinya (Di dalam kasus ini di tabel offices).

Ini merupakan hal serius jika terjadi di lingkup perusahaan. Dimana sebuah user dapat memasukkan data ke bukan data pengguna. Oleh karena itu terdapat perintah WITH CHECK OPTION yang berfungsi untuk memeriksa apakah data yang diinput sesuai dengan VIEW. Contohnya dapat dilihat pada gambar dibawah :









0 komentar:

Posting Komentar